Pembelajaran dan Pengajaran

Assalamualikum guys.....
Selamat siang mentemen'sπŸ˜ŠπŸ˜ŠπŸ˜˜πŸ˜™
Gue mw berbagi cerita ni tentang psikologi pendidikan, ya tepat nya sih mau cerita-cerita aja. Nah gini nih mentemen di mata kuliah aku tuh ada namanya Psikologi Pendidikan, nah di mata kuliah aku ini tu merupakan salah satu mata kuliah yang ngejelasin bagaimana sih proses kognisi pada anak berlangsung? Bagaimana sih kita tahu bahwa siapa-siapa2 aja anak yang menderita ketidakmampuan dalam belajar?? Nah menarik banget kan guys buat di kupas lebih dalam tentang materi ini. Gue sih seneng banget bisa tau proses mental yg terjadi pada anak, kita ni selaku kakak dalam keluarga pasti nya punya adik dong yaakan, gimana sih kita tahu kalau adik kita tu yah males ngerjain pekerjaan rumah trus tu adik kita tu ga bisa ngerjain nyaa, kita harus mendampingi adik kita dan memberikan respon yang baik dong ya tentunyaa.
Nah apa sih beda nya pembelajaran dengan pengajaran? Pasti ada yang belum tau kan apa beda antara keduanyaa, nah aku kasih tau yaa guys...
Pengajaran itu ialah merupakan suatu proses pendidikan yang sebelumnya direncanakan dan diarahkan untuk mencapai sebuah tujuan serta dirancang untuk mempermudah belajar. Contohnya nih yaa: Sekolah. Sekolah merupakan proses pendidikan yang direncanakan dan diarahkan, kenapa? Karena sekolah adalah sesuatu yang dibentuk untuk mencapai sebuah tujuan, berbasis kurikulum yang sudah ditetapkan dari kementerian pendidikan dan kebudayaan yang harus diikuti dan harus dijalankan pada setiap sekolah yang ada diseluruh Indonesia.
Sedangkan Pembelajaran ialah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada lingkungan belajar. Contoh nya nih, proses interaksi antara guru dan murid yang berlangsung didalam kelas, disini guru dan murid saling memberikan interaksi dalam proses kegiatan belajar mengajar.
Nah itu dia sekilas penjelasan perbedaan antara pengajaran dengan pembelajaran. Nah selanjutnya gue mau ngasih info sedikit ni tentang perkembangan pada anak.
Mengapa sih mempelajari perkembangan anak itu penting???? Nah menurut gue nih, semakin banyak kalian mempelajari perkembangan semakin banyak pemahaman kalian tentang cara yang tepat untuk mengajari mereka. Pendidikan harus sesuai dengan perkembangan ini. Artinya, pengajaran untuk anak-anak harus dilakukan pada tingkat yang tidak terlalu sulit dan terlalu menegangkan atau terlalu mudah dan menjemukan. Ingat ni guys bahwa perkembangan yang gue deskripsikan tadi tu ssemoga dapat membantu kalian untuk memahami seperti apakah yang optimal untuk pengajaran dan pembelajaran kalian. Misalnya tuh, keliru kalo kalian mendesak adik-adik kalian tu untuk membaca, padahal mereka belom siap untuk itu dari sudut pandang perkembangan; tetapi jika mereka sudah siap untuk membaca buku nah kalian tuh harus memberikan pada level yang pas.
Okeh nii yaa pembahasan gue kalii niπŸ˜…πŸ˜…πŸ˜… Oiya jangan bosen bosen ya ngeliat blog gue, btw thank you yang udah bacaa😍😍.
Selamat siang guys.....
Wassalamualaikum...

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PENDAGOGI & ANDRAGOGI

L O V E πŸ’–

Pendidikan Multikultural